10 Cara Cari Inspirasi untuk Menulis

“Anda tidak bisa menunggu inspirasi datang kepada anda begitu saja. Anda harus pergi menemukan inspirasi anda sendiri ”

Tidak peduli berapa banyak yang Anda suka tulis, akan selalu ada hari-hari ketika Anda membutuhkan inspirasi dari satu renungan atau yang lain.
Bahkan, saya berpendapat inspirasi yang tidak hanya hal yang diinginkan, itu merupakan bagian integral dari proses penulisan.

Setiap penulis perlu inspirasi untuk menghasilkan tulisan yang diilhami. Dan kadang-kadang, itu bisa berasal dari sumber tidak diduga.

Saya telah menyusun daftar beberapa cara favorit saya untuk menemukan inspirasi –  dan jika Anda tidak menggunakan beberapa sumber inspirasi dalam tulisan anda maka dapat dipastikan anda akan sulit untuk membuat sebuah tulisan yang baik.

1. Blog. Ini adalah salah satu favorit saya, tentu saja. Selain dari blog ini, ada puluhan blog yang besar pada penulisan dan setiap topik yang inspirasinya berasal dari blog pula. Saya suka membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan motivasi untuk orang lain – itu mengilhami saya untuk bertindak!

2. Buku. Mungkin secara keseluruhan favorit saya. Saya membaca penulis yang  Saya suka  dan kemudian saya mencuri sedikit ilmu dari mereka, menganalisis tulisan mereka, mendapatkan inspirasi oleh kebesaran mereka. Fiksi adalah favorit saya, tapi aku akan melahap apa pun. Jika biasanya Anda membaca hanya beberapa penulis favorit Anda, cobalah bercabang keluar ke sesuatu yang berbeda. Anda mungkin akan menemukan inspirasi baru.

3. Mendengar dialog. Jika saya berada di mana saja, apakah itu di sebuah taman atau mal atau tempat kerja saya, kadang-kadang saya akan menguping orang. Bukan dengan cara kotor atau apa, tapi saya hanya akan diam, dan mendengarkan. Saya suka mendengar percakapan orang lain.  Jika Anda kebetulan mendengar potongan dialog menarik, menuliskan itu di jurnal tulisan Anda secepat mungkin. Hal ini dapat berfungsi sebagai model atau inspirasi untuk kemudian menulis.

4. Majalah. majalah yang baik tidak selalu penuh dengan tulisan yang besar, namun Anda biasanya dapat menemukan sepotong tulisan baik fiksi atau non-fiksi. Baik untuk gaya penulisan dan kemampuan untuk menarik perhatian Anda sampai akhir tulisan tersebut. Sekiranya melalui tulisan tersebut anda  dapat inspirasi atau  ide-ide untuk posting ke blog . Majalah ini baik untuk dijadikan salah satu inspirasi untuk menulis, karena mereka tidak menarik pembaca dengan tulisan besar,mereka menemukan sudut cerita yang menarik untuk menarik pembaca.

5. Film. Kadang-kadang, saat menonton film, karakter akan mengatakan sesuatu yang begitu menarik dan saya akan berkata, “Itu akan membuat postingan blog yang hebat!” Atau “Saya harus menulis bahwa dalam jurnal, saya menulis!” Kadang-kadang penulis skenario bisa menulis dialog yang indah”, dan itu bisa menjadi inspirasi untuk kita tentang film tersebut.

6. Forum. Ketika kita berada dalam sebuah forum, kadang muncul ide-ide menarik yang sekiranya jika sesuatu yang menarik tersebut kita masukkan sebagai tulisan maka akan menghasilkan sesuatu yang hebat. Orang menulis di forum, mereka jarang melakukannya untuk gaya atau kecantikan (ada pengecualian, tentu saja, tapi mereka jarang melakukannya). Forumers menulis untuk menyampaikan informasi dan ide. Namun, ide-ide bisa menjadi indah dan inspirasi dari dalam  diri mereka sendiri. Mereka bisa menginspirasi lebih banyak ide kepada anda.  Saya tidak mengatakan Anda harus membaca beragam forum setiap hari, tetapi jika Anda sedang mencari informasi, membaca beberapa forum yang baik sekiranya bukanlah ide yang buruk.

7. Art (seni). Untuk penulis dapat bercita-cita untuk lebih tinggi lagi, tidak ada inspirasi yang lebih baik bahwa seni yang besar, dalam pengalaman saya. Meskipun tidak membandingkan dengan pengalaman melihat seni secara pribadi, saya ingin mencari inspirasi karya seni dan meletakkannya di desktop komputer saya untuk kontemplasi .

8. Musik. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu yang dapat mengispirasi seseorang untuk dapat menulis adalah dengan mendengarkan musik sesuai dengan  mood saat akan menulis. Putar di latar belakang saat Anda menulis, akan memungkinkan untuk mengangkat Anda dan menggerakkan Anda untuk menemukan inspirasi anda.

9. Alam. Terjebak untuk ide-ide? Berjalan-jalan atau jogging. Pergi dari trotoar dan masuk ketaman dengan melihat rumput dan pohon-pohon dan ladang dan perbukitan. Menghargai keindahan di sekitar Anda, dan biarkan aliran inspirasi melalui Anda. Matahari terbenam dan matahari terbit, tentu saja, adalah dua dari adegan favorit saya melalui semangat alam, dan apa pun yang melibatkan air juga mengagumkan (lautan, sungai, danau, hujan, anak sungai, bahkan genangan air).

10. Google. Tentunya anda akan banyak mendapatkan inspirasi setelah mengutak atik apa yang dimiliki oleh Om Google.

So ciptakan inspirasi anda sendiri, catatan ini hanya sebagian dari cara saya untuk mendapatkan inspirasi saya….🙂

 

 

9 comments

  1. Ya bener mas…inspirasi bisa di dpat kalo d cari,banyak bejalan banyak yg kita lihat. Banyak yg d lihat banyak ide yg muncul…nah itulah inspirasi. Salam kenal ya mas..dan makasih sudah mau mampir di kampoeng

  2. Yang jadi masalah, saya sering susah buat nulis apa yang ada di otak.. kata-kata yang ditulis tuh sering gak beraturan gitu. klo gitu gimana solusinya?

Leave a Reply

