Begadang Jangan Begadang

Melihat tulisan ini pasti para pembaca yang budiman tidak asing dengan kata-katanya, kata ini tentunya sangat familiar ditelinga kita khususnya bagi pencinta lagu-lagu Om Rhoma Irama.

Kalimat-kalimat itu ada benar juga sih karena menurut hasil riset para ahli mengatakan bahwa memperingatkan bagi para insomnia mania berhati-hati terhadap kecenderungan terserang penyakit hati (kanker hati).

Para dokter di National Taiwan Hospital melakukan penemuan terbaru, yang menjelaskan beberapa hal penyebab utama kerusakan fungsi hati adalah akibat kurangnya porsi tidur pada malam hari atau tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang.

Para dokter ini menyarankan solusi dalam mencegah terjadinya kerusakan fungsi hati dengan menghindari beberapa hal dan melakukan beberapa hal, diantaranya yaitu  agar waktu tidur disesuaikan porsinya dengan tidak tidur lewat dari jam 11 malam, karena menurut para dokter ini malam hari pada pukul 11.00 sampai dini hari pukul 01.00 adalah merupakan proses terjadinya detox dibagian hati  yang harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. Sedangkan pada pukul 01.00 sampai pada pukul 03.00 adalah merupakan proses berlangsungnya detox dibagian empedu yang juga harus berlangsung dalam kondisi tidur, selanjutnya pada pukul 03.00 sampai pada pukul 05.00 merupakan proses detox dibagian paru-paru, dan pada pukul 05.00 sampai pada pukul 07.00 pagi adalah berlangsungnya proses detox pada bagian usus besar, sehingga kita harus buang air pada waktu tersebut. Sedangkan pada pukul 07.00 sampai pada pukul 09.00 adalah merupakan proses penyerapan gizi bagi usus halus, sehingga kita harus makan pagi alias sarapan.

Begadang dan bangun terlalu siang dapat mengacaukan proses metabolisme tubuh. Selain itu, dari tengah malam sampai pukul 04 dini hari adalah waktu bagi sum-sum tulang belakang untuk memproduksi darah. Olehnya itu nggak salah juga apa yang dibilang sama bang Aji Roma, begadanglah kalau ada perlunya aja. Lagian saya juga lagi begadang waktu nulis tulisan ini,,, hehe semuanya tergantung dari bagaimana kita mengkondisikan dan mempersepsikan pesan singkat ini.

Salam Begadang……

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s