Sedikit Tentang Toilet

Mulai dari mana ya??? Hmmmmm

Yah Toilet, apa itu toilet??? toilet adalah suatu tempat untuk mencurahkan perasaan yang terpendam dari dalam perut (itu menurut gue), sedangkan menurut esnsiklopedia bebas mangatakan Toilet atau Kloset atau WC (bahasa Inggris: water closet) adalah perlengkapan rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran , yaitu air seni dan feses. Istilah toilet maupun WC dapat digunakan untuk mengacu pada perlengkapan tersebut maupun ruangan tempat perlengkapan tersebut berada. Istilah kamar kecil biasanya digunakan dalam bahasa Indonesia untuk memperhalus penyebutan tempat tersebut.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa dengan seiring perkembangan teknologi, toliet pun juga ikut berevolusi dan berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Banyak hal yang dilakukan orang-orang saat ini demi kenyamanan menggunakan toilet. Kalau dulu mungkin orang-orang belum mengenal kata toilet, karena orang-orang jaman dulu mungkin kalau mau buang hajat di hutan atau dikali, bahkan orang-orang saat inipun sepertinya masih menggunakan cara-cara konvensional tersebut.

Terdapat berbagai jenis toilet di seluruh dunia. Kloset duduk (kloset yang digunakan dengan cara mendudukinya untuk buang air besar) yang memiliki fasilitas untuk menyiram buangan setelah digunakan adalah jenis toilet yang paling umum di Barat, sedangkan kloset jongkok (kloset yang digunakan dengan cara berjongkok di atasnya untuk buang air besar) cukup lazim di Asia Tenggara, Asia Timur (Republik Rakyat Cina dan Jepang), India, serta masih dapat dijumpai pada toilet umum di Eropa selatan dan timur (termasuk sebagian Perancis, Yunani, Italia, negara-negara Balkan, dan negara bekas Uni Soviet).

Terdapat pula beberapa cara untuk membersihkan diri setelah menggunakan toilet. Hal ini bergantung pada norma dan adat setempat maupun sumber daya yang ada. Di Asia, air digunakan untuk keperluan tersebut, dan biasanya dengan menggunakan tangan kiri. Di Barat, yang lazim digunakan adalah kertas toilet, dapat juga dengan menggunakan perlengkapan lain mirip toilet yang disebut bidet.

Ruangan toilet kadang dirancang khusus untuk memudahkan orang cacat. Biasanya toilet semacam itu cukup luas untuk dapat dimasuki dengan berkursi roda dan pada dindingnya sering terdapat pegangan yang dapat membantu pengguna toilet menempatkan dirinya.

Itulah toilet, bahkan orang saat ini menambahkan barbagai variasi pada toilet demi kenyamanan dalam penggunaannya, seperti di Jepang sana toilet ada yang terbuat dari lapisan emas yang dilengkapi beberapa piranti modern seperti pemutar musik, dan yang lebih extremnya lagi ada tempat kuenya. Hmmm toilet yang aneh…

Ada pula beberapa orang yang membuat perkumpulan atau asosiasi Toilet yang terdiri dari beberapa negara yang berkumpul khusus membahas seputar toilet dan permasalahannya. Yang jelas kalo gue sih masih mengikuti alur-alur konvensional dalam penggunaan toilet ini. Bagaimana tidak, gue tuh paling ribet kalau mau E’e’ disuatu tempat trus toiletnya toilet duduk gitu, wahh sumpah ditunggu sejam gak bakalan keluar-keluar tuh E’e’, sebagaimanapun kebeletnya gue.

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s