Bosku Terkena TB

Saya sebelumnya tidak familiar dengan nama penyakit yang satu ini, saya hanya sekedar tau namanya tanpa tau apa dan bagaimana proses penyebaran penyakit Tuberkulosis. Setelah browsing sana sini saya jadi sedikit tau apa Tuberkulosis yang ternyata bisa berdampak sampai pada kematian, wah ngeri juga nih pikir saya. Sedikit yang saya ketahui bahwa penyebaran penyakit Tuberkulosis bisa melalui udara ataupun melalui media yang bisa digunakan bersama dengan pengidap penyakit TB tersebut seperti penggunaan sendok makan atau bekas minum yang berpotensi terjadi pertukaran air liur antara pengidap TB dan temannya.

Setelah tau bagaimana sebenarnya penyakit Tuberkulosis, saya jadi sedikit parno jangan-jangan saya juga bisa terjangkit penyakit tersebut, atau bisa jadi juga saya sudah terjangkit namun tidak saya sadari. Wah semoga saja itu hanya pemikiran negatif saya. Sekarang yang jadi masalah adalah bagaimana mengetahui seseorang telah terjangkit Tuberkulosis jika tidak pernah melakukan pemeriksaan sebelumnya. Sekiranya begitu kira-kira kondisinya jika kita berada didaerah terpencil yang notabene kurang informasi tentang berbagai macam penyakit yang sebenarnya berbahaya, ditambah tidak memadainya jaringan medis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan baik itu berupa rumah sakit ataupun puskesmas.

Sedikit cerita tentang penyakit TB ini, kalo dikantor tempat saya bekerja secara tidak sengaja saya mengetahui kalau pimpinan saya mengidap penyakit Tuberkulosis, saya mengatakan tidak sengaja karena sebelumnya dia tidak pernah memberitahu siapapun didalam kantor kalau dia mengidap Tuberkulosis. Beberapa minggu yang lalu kebetulan ada pengobatan alternatif yang baru berdiri disamping kantor kami, nah untuk memperkenalkan produk-produknya maka disebarkannya selebaran tentang jenis-jenis penyakit yang dapat diobati oleh yang kalo saya bilang kantor sebelah, sehingga beberapa selebaran sampai juga dikantor kami. Ternyata pimpinan saya tertarik dan mengajak saya untuk sekedar memeriksa gula darah dikantor sebelah tersebut.

Selepas jam kerja saya langsung pulang dan lupa kalau sebelumnnya bos saya mengajak saya untuk jalan-jalan ke kantor sebelah, setelah beberapa jam beristrahat dirumah saya baru ingat kalo sebelumnya mau nemenin bos ditempat pengobatan alternatif yang disamping kantor saya. Akhirnya saya lekas buru-buru kembali ke kantor siapa tau bos nungguin saya, setelah tiba dikantor saya tanya sama security, katanya bos sudah duluan kesebelah, sayapun langsung ke kantor sebelah juga. Setelah sampai tempat pengobatan alternatif tersebut saya nunggin bos saya yang sedang melakukan pemeriksaan, sambil menunggu saya sedikit berbincang-bicang dengan petugas penerima tamunya.

Setelah sekitar satu jam menunggu, akhirnya bos saya keluar dari ruang pemeriksaan, melihat saya langsung saja dia menyuruh saya masuk untuk sekedar memeriksakan penyakit saya juga katanya, sampai didalam bos saya ternyata langsung pulang, kalo saya perhatikan ternyata peralatan yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan sama dengan peralatan yang biasa digunakan dirumah sakit walaupun tidak selengkap peralatan yang ada di rumah sakit. Setelah di lakukan diagnosis katanya saya kolesterolnya tinggi padahal saya nggak gemuk, namun setelah periksa itu saya tanya apa penyakit bos saya sama yang meriksa bos saya tadi, dan yang mengejutkannya adalah ternyata dia bilang kalau bos saya positif mengidap penyakit Tuberkulosis.

Sejak mengetahui kalo bos saya mengidap Tuberkulosis saya jadi sedikit menjaga jarak kalo melakukan pembicaraan dengannya, namun dia tidak pernah memberitahu kepada siapapun kalo dia mengidap Tuberkulosis, saya semakin yakin kalo bos saya terkena Tuberkulosis, karena melihat dia batuknya sudah beberapa bulan gak pernah sembuh, terus dia juga bilang kalo batuk biasanya keluar darah. Saya jadi semakin parno kalo bos ada disamping saya. Tapi menurut yang saya tahu belakangan dia sering cuti untuk melakukan pemeriksaan dirumah sakit. Semoga bos saya cepet sembuh dan tidak ada yang terjangkit.

 

 

 

Leave a Reply

