PANCAROBA

image

Menurut beberapa sumber yang gw dapat Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu antara musim penghujan dan musim kemarau.

Dalam pranata mangsa yang dikenal, pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau (biasa terjadi pada bulan Maret dan April) disebut sebagai mangsa mareng (musim), sementara pancaroba antara musim kemarau dan musim penghujan (biasa terjadi pada bulan Oktober hingga Desember) disebut mangsa labuh.

Masa pancaroba biasa ditandai dengan tingginya frekuensi badai, hujan sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang. Pada masa pancaroba biasanya frekuensi orang yang menderita penyakit saluran pernapasan atas, seperti pilek atau batuk, relatif meningkat. Masa ini juga banyak ditandai dengan perilaku khas beberapa hewan dan tumbuhan. Pada masa marèng, umpamanya, tonggeret akan memasuki musim kawin dan mengeluarkan suara yang khas. Pada masa labuh, rayap akan mencapai tahap dewasa dan keluar dari liang di tanah sebagai laron.

Keadaan yang sama terjadi saat ini yaitu memasuki oktober sampai desember, dirumah kalo sudah malam biasa lagi asik asiknya santai dikamar sambil nonton tipi, eh banyak hewan hewan kecil yang berterbangan dilangit langit kamar berpesta disekeliling lampu, beberapa jatuh menimpa kepala bahkan sampe ke wajah. Dan yang paling berasa dari pancaroba ini kalo sore hari perasaan kayak meriang gitu.
Kalo udah gini demam sudah tidak terhindarkan lagi.

Sepertinya mesti dibanyakin olah raga.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s